Maksiat Parsial

05.55

"Daripada masuk sumur mendingan masuk comberan!"

Quotes macam apa yang tadi? Emang ada yang ngikutin kaya begituan? Ah ini mah yang bikin rada nyelonong otaknya ah.. Tapi kenapa quote macam begini bisa ada sih?

Jawabnya adalah sebenarnya quote ini sudah membumi di khalayak remaja di negeri Indonesia ini. Lha kok bisa? Coba bisa dipikirkan sendiri dulu, coba dipahami kata katanya yang sok konotatif itu. Udah ketemu belum wahai para ceeskuh?

Sekedar info, saya sendiri baru ngeh ada quote itu saat ga sengaja baca lirik Qasidah Burdah waktu nyasar ke internet antah berantah. Pada tau qasidah kan? Yang suka ibu ibu nyanyiin di pengajian. Qasidah Burdah yang Bab 2 : Peringatan Tentang Bahaya Hawa Nafsu

"Jangan kau berharap
Dapat mematahkan hawa nafsu dengan maksiat"

Sekilas kayak ga mungkin kita bakal menghalau nafsu yang lagi gede dengan maksiat kan? Tapi mangga coba dipikirkan lagi, sambil lihat lihat pemandangam disekitar sana, siapa tau kamu dapat jawaban yang beda lagi dengan pikiran kamu sebelumnya.

Lihatlah ke jalan raya dimana ada teteh teteh yang celananya itu merecet semerecet-merecetnya, sampe kamu jadi fokus ke sana, akan tetapi saat kamu lihat ke atasnya malah di dikurudungan dengan model standar. Atau kamu lihat ke kelas dimana itu tempat belajar malah dipakai bobogohan dan nyari wifi semata.

Coba tanya sama teteh teteh itu, kenapa atuh kalau pake kerudung tapi celananya masih merecet begitu? Masih ada kemungkinan sang teteh langsung mengusir kamu karena disangka mau modusin dia. Tapi anggaplah dia mau jawab serta kooperatif dan menjawab, "Yah, daripada ga dikurudungan", ko jawabannya penulis pilih gitu? Coba kamu pikirkan kemungkinan dia mau jawab apa lagi?

Yah daripada, kata itu biasanya dan ga ada alternatif lain kalau para pelakunya mau jawab. Kamu bisa uji ini saat ada peserta ujian yang nyontek sebagian, "Daripada nyontek semuanya," atau sama dua pasangan yang lagi bobogohan ,"Yah, daripada grepe," atau sama dua pasangan yang bobogohan dan ada kontak fisik sedikit, "Mendinglah daripada zinah beneran." Yah daripada, jawaban popular kalau ada yang lagi maksiat parsial, parsial ya bukan total.

"Daripada masuk sumur mendingan masuk comberan!"

Mulai berasa gak quote yang diatas tadi? Coba bisa dipikirin lagi gimana quote yang rasanya rada ngaco ini bisa jadi semacam konsensus dari remaja jaman kiwari. Apakah kamu jadi bingung wahai para ceeskuh yang semoga dirahmati Allah? Sesuatu yang mahiwal biasanya dirilis oleh kaum orang orang yang memang mahiwal. Tapi masalahnya orang yang mahiwal ini udah jadi banyak euy, jadi terasa tidak mahiwal lagi.

Kayanya jaman sekarang butuh upaya memahiwalkan perilaku macam maksiat parsial. Kenapa? Tadi kan udah disebut karena maksiat parsial sudah tidak mahiwal lagi padahal quote yang "Daripada masuk sumur mendingan masuk comberan!" masih berasa mahiwal pisan.

Hayo usaha!

You Might Also Like

1 komentar

Pos Masyhur

Facebookna di-add nya!

instagram