Mushaf tua di Masjid tua

02.47


Jumat itu, alias jumat ini, aku pergi ke perpustakaan untuk minjem buku. Buku itu judulnya ga penting penting amat untuk kamu ketahui, jadi ga akan aku kasih tau juga. Lalu habis minjem buku, aku keluar dari perpustakaan, lalu ngalor ngidul ke arah macam macam karena bingung mau kemana, dan timbul bisikan " Ke pocin..", maka aku pergi ke Stasiun Pondok Cina.

Lalu dengan sekejap aku masuk ke Stasiun dan nangkring di Peron. Perlulah kau tahu, disitu aku masih gak tau mau kemana. Pikiranku sebenarnya mau jumatan, tapi entah mau di mana.Tiba tiba ada kereta arah Tanah Abang yang lewat, lantas aku naiki. Jangan kau pikir dengan naik kereta Tanah Abang itu aku sudah punya tujuan tempat, kagak. Di kereta aku masih nyari nyari tempat.

Aku tertarik sama FPI, jadi aku cari sebuah masjid dimana deket dan jadi basecampnya. Hasil nyari di fesbuk, kutemukan Masjid Al Islah, petamburan. Maka aku langsung cari di google, pakai keyword Masjid Al Islah petamburan. Nah, yang muncul ialah Masjid Al Islam, Petamburan juga, deket dpp FPI, maka dengan demikian dengan santeynya aku menganggap Al Islah adalah varian typo dari Al Islam.

Sampai di stasiun Tanah Abang, aku keluar lalu jalan kaki sekitar 1,3 kilo ke arah petamburan. Jalan petamburan sih ga gede gede amat, cuman selebar Jalan sriwijaya ix yang deket mang seblak. Berhubung musim kampanye, banyak sekali poster poster cagub disana, kecuali Ahok, karena di sana ia sudah masuk Blacklist.

Itu baru jalan Petamburan ya, masjidnya bukan disana, aku jalan lagi bertemu pertigaan dengan jalan petamburan 1. Di sana ada sekolah milik Al Irsyad, akan tetapi ini Al Irsyad orisinil, bukan seperti yang di Padalarang itu. Aku lanjut lagi jalan menuju Jalan Petamburan 2, masuk sampai menuju jalan raya lalu belok kanan sesuai tuntunan yang diajarkan Here Maps, walaupun beberapa kali bikin sesat.

Maka aku sampai di gerbang masjid, kemudian masuk dan langsung kutemui kuburan yang ada nisannya. Gerbang masjidnya ada, pintunya dimana? Tapi alhamdulillah ada anak anak yang nunjukin jalan, ke belakang lagi, karena sebenarnya kuburan itu ada di kiblat, sedang pintu masuk masjid itu berlawanan arah kiblat. 

Aku masuk ke dalam masjid,kagak ada hawa hawa FPInya sama sekali. Biasa aja, cuman masjid ini keliatan banget ada ciri masjid tuanya. Di dalam aku pilih tempat duduk yang deket pilar dan rak buku. Duduk duduk aku langsung sercing lagi di google tentang ini masjid. Sambil nunggu loding, aku melihat ke arah rak buku. Alah isinya yasin semua, keliatannya sih. Aku oprek oprek juga rak buku geser kecil itu, dan waktu itu cuman kepikiran buat nyari quran. 

Aku nemu juga Quran, unik covernya, kayak cover majmu syarif sakuan. Di depannya ada tulisan Quranul Karim pake bahasa arab, udah gitu aja. Kebiasaan, kalau buka quran langsung ke halaman belakang buat nyari nyari penerbit sama tempat terbitan. Di belakang aku melihat semua tulisannya pake huruf arab, dan bahasa arab, ini pertanda bahwa mushaf ini impor, soalnya kalau lokal pasti bahasanya indonesia atau paling asing bener mah sunda. Ada sebuah teks Khatam, lalu kubaca baca aja, bisi kaharti. Baris 3, aku menemukan tulisan 1341 H tapi pake huruf arab. Wat? 1341 H? Aku langsung buka google di tab baru, konversi tahun ke masehi, didapat 1923, tahun pas Usmani bubaran. Tua bener ini Mushaf! Tapi aku gak percayaan, aku cobain baca. Mushaf itu perhalaman15 baris, standar, khatnya juga naskhi, standar aja sama kaya mushaf arab sekarang atau mushaf syamil, TAPI ayat antar halaman. Ayat kagak berhenti di ujung halaman, tapi kepotong dan lanjut di halaman berikutnya. Ini gak kekinian banget coy! Cuman mushaf jadul yang begini. Dari situ aku yakin ini beneran dari jaman ba'da PD1 dulu, diimpor dari arab sana. Impor zaman belanda cuman! Beda sama zaman sekarang.

Habis baca quran, aku buka hp lagi, dan buka tab Masjid Al Islam. Masjid Al Islam ternyata udah tua banget, dibikin pas taun 1700an oleh orang Minang sana. Konon katanya dia pergi ke sini hanya karena penasaran sama ramenya Pasar Tanahabang, tapi pas sampe di sini dia lihat barudak rantau minang banyak yang ga solat. Maka dengan demikian dia akhirnya berusaha menyadarkan mereka ke jalan yang benar dan bikin masjid di dekat pasar.

FYI yah, masjid ini termasuk masjid di indonesia yang pertamakali khutbah jumat tapi pake bahasa melayu, kagak pake bahasa arab, sekitar pas abad ke 19an. Hah? Jadi sebelumnya masjid masjid khutbah jumat pake bahasa arab? Kagak ngarti lah gua kalo jadi jamaahnya, ceramah pake bahasa indo aja ngantuk apalagi pake bahasa arab, tambah ngantuk gua!

Karena pakai bahasa melayu, dkm masjid ini pada zaman itu sempet diprotes, karena dituduh bikin bid'ah dengan ceramah pake bahasa melayu. Tapi dkm masjid tetep setia pake bahasa melayu, dan banyak diikuti masjid masjid lain dan akhirnya sampe sekarang masjid masjid di indonesia pake bahasa melayu indonesia buat ceramah jumat. Bisa dibayangin kan kalau sampai sekarang ceramah jumat kudu pisan pake bahasa arab? Sare sarerea ieu mah.

Selesai jumatan, aku jalan lagi, penasaran sama Markas FPI gimana. Aku jalan ke jalan petamburan 3, ada rumah kecil bertuliskan DPP FPI, rumah kecil tapi di sana rancangan pergerakan dibikin, razia maksiat-miras-homo-banci-lekong, relawan bencana, demo demo, dan aksi bela islam yang kemaren kemaren. Aku jalan lagi dan melihat tulisan Masjid Al Ishlah. Wat? Ternyata Masjid Al Islah bukanlah varian tipo dari Masjid Al Islam, melainkan dari Masjid Al Ishlah. Aku salah tempat tadi :)

Tamat

You Might Also Like

0 komentar

Pos Masyhur

Facebookna di-add nya!

instagram