REVISI - Menulis Jawi di Komputer -Windows

00.05


Ini adalah revisi dari pos Menulis Jawi di Komputer, yang pada Revisi ini akan ada tautan untuk keyboard baru dan manual penulisan bahasa melayu dalam huruf jawi.

Softwarenya alhamduillah halal dan gratis namanya : Microsoft Keyboard Layout Creator, gampang dah makenya. Urutan hurup hurupnya ngikutin QWERTY jadi Qof, Waw, .. dst intinya cocok cocokin. Tapi standar jawi aku beda sama yang di Malaysia, bahkan sama yang standar di toko kitab. Aku menambahkan huruf ى dan ۆ untuk menunjukkan vokal e sama o, terus untuk huruf pa yang asalnya 3 titik diatas aku ganti jadi 1 titik dibawah.


Layout Keyboard beserta File Sumber bisa download di:



Aku kasih nama radikal, karena beda sama standar yang ada. Dan aku juga bikin manual mengubah tulisan latin kayak gini jadi jawi, tapi standar aku sendiri ya.. Kenapa? Karena sepanjang aku make standar Malaysia, berulang kali aku kebingungan sama sangking banyaknya aturan dan kadang gabisa bikin solusi untuk membedakan laut dan lawat, laik dan layak. Manual ini langsung ke contoh contoh, dan tidak menyebutkan aturan tertulisnya, supaya langsung ngerti tanpa banyak berkata-kata


Untuk manual:

You Might Also Like

0 komentar

Pos Masyhur

Facebookna di-add nya!

instagram