Menuju Posthuman

02.20

Posthuman? Manusia yang udah total berubah dari manusia yang sekarang. Yang bergantung (atau nyatu) sama teknologi - teknologi.

Posthuman didahului oleh Transhuman, nyaeta manusia yang istilahnya kalo tanpa alat teknologi bakal ga bisa apa2. Pengen nyalain komputer tinggal mikir, pingin milih channel tv tinggal mikir, pingin ngerjain soal harus mikir. Akhirnya alat2 bawaan lahir ga dipake-pake dan jadi ga sakti lagi, kakinya ga bisa buat jalan, tangannya ga bisa buat ngetik, dkk.

Kenapa bisa gitu? Ceunah, karena jarang dipake tea. Cobalah bayangkan, kita dari orok sudah diajarin tutorial jalan pake mobil yang langsung bisa diperintah sama otak, jadi males jalan kan? Nah akibatnya otot2 kakinya mengalami pengecilan dan ga bisa dipake lagi.

Kemudian bermunculan lagi teknologi yang langsung pakai dan langsung nyambung ke otak. Kemudian alat2 bawaan lahir akan dirombak dan diganti dengan alat sintetik yang ceunah lebih efisien. Seperti tangan yang bisa ngelaser, atau mata bisa liat tembus pandang, atau chatting dengan pikiran saja.

Enak ya? Cuman resikonya ya alat-alat tadi dipasang ke tubuh, dan bukan buat dipinjemin. Yang ori cuman otak sebagai CPU dan roh kita sebagai pemegang kesadaran.

Yang ane herankan, kenapa proses - proses ini dikasih nama evolusi manusia? Harusnya kan revolusi teknologi. Karena kalo menurut ane sih ini cuma sekedar permak tubuh buat enak-enakan aja, mubazir.

Sekedar itu saja, ga lebih. Cuma kalo kita lihat proyek2 yang ceritanya bakal ada di zaman Posthuman adalah manusia yang udah dipermak segalanya, atau sudah diubah dari kromosomnya sehingga malah jadi mutan (manusia utan), maksudnya (manusia editan) yang bisa diedit-edit oleh pengguna dengan menggunakan jasa Insinyur Genetika (asyik jurusan baru), contoh proyek ini sudah dilaksanakan oleh Sunagakure dari negara Angin, yaitu Gaara.

Bisa dibayangkan pada zaman ini manusia sudah beraneka ragam sekali, mutan sudah beredar dimana - mana, dan yang paling keren manusia yang ga keliatan, udah mencar kemana2. Manusia yang beneran udah ngahyang menyatu dengan alam, dan bertemu dengan Prabu Siliwangi dan Gajah Mada -lebay-.

Ada beberapa pertanyaan sih dari ane, gimana makhluk-makhluk tersebut bisa idup?. Apakah mutan vampir dan manusia bisa kawin dan punya anak?, apakah tidak terjadi diskriminasi antar manusia? Apakah manusia yang sudah ngahyang bisa muncul lagi? Kemanakah mereka ngahyang, ke luar planet?. Kita cuman bisa ngehayal tentang sesuatu yang belom tentu.

Selanjutnya, Posthuman bakal memberi kebeasan total buat manusia untuk merombak total seluruh tubuhnya, kalo sekarang termasuk otak dan dalemannya, RAM, ROM, dan Prosessor.

Kalau begitu, manusia akan berubah jadi bukan manusia, karena dari dalemannya pisan(kromosom) sudah diubah?. Bukan manusia, bukan.

Tapi entah kenapa ane sempet mikir keadaan ini ga bakalan terjadi keburu kiamat, entah kenapa. Untuk fase transhuman kita masih akan sedang menuju, karena saat ini mulai muncul bionik, dan tujuannya untuk membantu orang-orang yang kekurangan, dan sampai saat ini belum ada yang dapat menyamai yang asli. Apalagi untuk posthuman yang bisa ngahyang. Jaoey.

Saran ane, usaha aja untuk mencapai kemaslahatan bersama umat manusia, manusia. Yang kayak dulu dan sekarang, yang dari awal dibikin masih sama, ok?

You Might Also Like

0 komentar

Pos Masyhur

Facebookna di-add nya!

instagram